Selasa, 14 September 2010

VARICOCELE

VARIKOKEL
Penyebab Kemandulan Pada Pria
Dr. Eddy Sunarno, SpU
RS. Balikpapan Husada


Varikokel adalah varises yang terjadi di sekitar buah zakar.
Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah balik disekitar buah zakar. Varises ini terjadi pada organ reproduksi, maka salah satu akibatnya dapat menghambat kesuburan pria.


Biasanya tampilan pembuluh darah yang berkelok-kelok dan menonjol berwarna kebiru-iruan dijumpai di tungkai bagian belakang atau betis, namun tampilan tersebut bisa juga terjadi pada buah zakar.
Pelebaran pembuluh darah yang terjadi pada buah zakar akan mengganggu fungsi testis sebagai "pabrik" sperma, baik dari segi jumlah maupun kualitas produksinya. Umumnya terdeteksi setelah seorang pria menikah sekian tahun namun tak kunjung dikaruniai anak. Dengan pemeriksaan saksama, barulah dapat diketahui kelainan yang menjadi penyebabnya.
Faktor Penyebab
Sampai saat ini penyebab pasti varikokel belum diketahui. Namun beberapa faktor di bawah ini dianggap sebagai pemicunya:
1. Faktor genetik
Orang tua dengan varikokel memiliki kecenderungan menurunkannya pada anak. Karena sejak lahir, anak-anak ini "mewarisi" pembuluh-pembuluh darah yang mudah melebar.
2. Makanan
Beberapa jenis makanan yang dioksidasi tinggi, dapat merusak pembuluh darah. Contohnya adalah makanan yang diolah dengan cara dibakar.
3. Suhu
Idealnya, suhu testis adalah 1-2 derajat di bawah suhu tubuh. Suhu yang tinggi di sekitar testis dapat memicu pelebaran pembuluh darah balik di daerah itu. Awalnya, suhu tinggi ini amat berpotensi menurunkan kualitas sperma yang pada gilirannya akan meng¬ganggu fungsi testis dalam menghasilkan sperma.
Suhu tinggi bukanlah hal yang "ramah" terhadap organ reproduksi pria. Para pria yang bekerja di pertambangan, juru masak profesional, atau mereka yang bekerja di tempat-tempat yang memiliki tingkat radiasi tinggi dan sejenisnya, merupakan kelompok yang beresiko tinggi terkena varikokel. Karena organ reproduksi mereka cenderung berada pada kondisi dengan suhu di atas rata-rata untuk jangka waktu lama.
4. Tekanan tinggi di sekitar perut
Pria dengan pekerjaan yang menyebabkan tekanan tinggi di daerah sekitar perut pun bisa memicu munculnya varikokel. Seperti buruh kasar. Akan tetapi kecenderungan dari efek ini tidak bisa disama ratakan pada setiap pria, sebab ada pria dengan gaya hidup tidak sehat semisal selalu berada di ruang dengan suhu tinggi pun ternyata tidak bermasalah..
Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan seberapa besar pengaruh varises terhadap kesuburan pria.
Ada beberapa tingkatan untuk menentukan berat ringannya varikokel.
Grade 1
Umumnya tanpa gejala/tanda-tanda yang bisa terlihat jelas, kecuali melalui pemeriksaan dokter. Pria dengan varikokel grade 1 biasanya tidak merasakan keluhan apa pun. Bahkan beberapa di antaranya tidak bermasalah dengan penantian hadirnya sang buah hati.
Grade 2
Bisa jadi bermasalah bisa juga tidak. Ini mungkin saja terjadi bila kuantitas produksi sperma yang bersangkutan relatif banyak dan mencukupi, sementara kualitasnya pun relatif bagus. Kalaupun ada penurunan jumlah sperma akibat varikokel, misalnya dari 150 juta menjadi 100 juta, spermanya tetap bisa membuahi sel telur pasangannya.
Sebaliknya, varikokel grade 2 akan jadi masalah bila jumlah sperma yang bersangkutan memang kurang, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Contohnya, bila produksi sperma si B hanya 25 juta. Munculnya varikokel tentu saja akan menjadi hambatan serius untuk membuahi sel telur pasangannya.
Secara umum, varikokel grade 2 belum bisa terlihat tanpa pemeriksaan dokter. Tebalnya kantong skrotum/buah zakar juga kerap menjadi faktor penghambat. Meski bila diraba dengan cermat, sebenarnya akan terasa vena yang menonjol dan berkelok-kelok. Beberapa orang mungkin mengiranya sebagai urat yang lazim terdapat pada testis.

Grade 3 dan 4
Bisa terlihat dengan mudah pada saat pria penderita berdiri. Pada kantong testisnya terlihat ada sesuatu yang bengkak yang jika diraba akan terasa seperti ada "gulungan" urat yang tidak teratur. Keluhan-keluhan yang biasanya terjadi diantaranya rasa pegal, sakit/nyeri di sekitar organ reproduksinya. Bila varikokel yang diderita sudah mencapai grade ini, biasanya dokter akan menganjurkan operasi.
Sedikit gambaran, tindakan operasi di sini adalah membuat sayatan kecil pada perut bagian bawah. Selanjutnya, pembuluh-pembuluh darah yang melebar tersebut akan ditarik dan "dikumpulkan" di satu tempat yang aman kemudian "dikunci" di situ dengan alat khusus. Operasi ini tentu saja akan membawa perubahan bermakna dalam hal penambahan jumlah sperma. Bahkan tidak berlebihan jika boleh disebut sebagai satu-satunya langkah penyelesaian.

Operasi sebagai jalan terakhir
Seperti halnya varises yang terdapat pada organ-organ tubuh lain, jalan terakhir varikokel adalah operasTindakan operasi adalah dengan membuat sayatan kecil pada perut bagian bawah. Selanjutnya, pembuluh-pembuluh darah yang melebar tersebut akan ditarik dan "dikumpulkan" di satu tempat yang aman kemudian "dikunci" di situ dengan alat khusus. Operasi ini tentu saja akan membawa perubahan bermakna dalam hal penambahan jumlah sperma. Bahkan tidak berlebihan jika boleh disebut sebagai satu-satunya langkah penyelesaian.

Fungsi seksual tidak terganggu
Varikokel pada dasarnya tidak mengganggu kemampuan seksual pria. Jadi, kendati sudah divonis mengidap varikokel grade 4, pria yang bersangkutan tetap mampu menjalankan fungsinya sebagai laki-laki dengan baik. Sekali lagi, yang jadi masalah hanyalah hasilnya. Itulah mengapa dokter tidak akan "memaksa" seorang pria berumur 50 tahunan untuk operasi. Apalagi jika ia sudah punya 3 anak, tidak ingin punya anak lagi dan tidak ada keluhan sama sekali meski yang bersangkutan dinyatakan mengidap varikokel grade 4.
Beberapa upaya bisa dilakukan untuk pencegahan mengingat semua pria berpotensi untuk mengalaminya. Berikut adalah tip seputar varikokel.
Tip Seputar Varikokel
Beberapa hal berikut amat disarankan untuk meminimalkan terjadinya varises pada pria yang bisa berlanjut pada gangguan kesuburan.
• Hindari berendam di air panas terlalu sering karena air panas bisa mempengaruhi suhu di sekitar testis hingga merangsang terjadinya pelebaran pembuluh darah.


Gambar Varikokel

0 comments:

Poskan Komentar

Pengikut


counter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search

Recent Post

Recent Comment

My Blog List

Messenger

Chat